Bahaya Radang Payudara Yang Terus Dibiarkan

By | Juli 29, 2017

Bahaya Radang Payudara Yang Terus Dibiarkan Tanpa melakukan penanganan sangat penting untuk diketahui oleh para wanita pasalnya, mastitis atau Pembengkakan pada payudara merupakanh masalah yang sering dijumpai pada ibu menyusui yang bisa mengganggu proses pemberian nutrisi kepada bayi.

Bahaya Radang Payudara Yang Terus Dibiarkan

Radang payudara atau dalam istilah medis lebih dikenal dengan istilah mastitis ini merupakan suatu proses peradangan pada satu atau lebih segmen payudara yang mungkin disertai infeksi atau tanpa infeksi. Dalam proses ini dikenal pula istilah stasis ASI, mastitis tanpa infeksi, dan mastitis terinfeksi.

Bahaya Radang Payudara Yang Terus DibiarkanApabila ASI menetap di bagian tertentu payudara, karena saluran tersumbat atau karena payudara bengkak, maka ini disebut stasis ASI. Bila ASI tidak juga dikeluarkan, akan terjadi peradangan jaringan payudara yang disebut mastitis tanpa infeksi, dan bila telah terinfeksi bakteri disebut mastitis terinfeksi.

Sebagian besar mastitis terjadi dalam 6 minggu pertama setelah bayi lahir. Diagnosis mastitis ditegakkan bila ditemukan gejala seperti demam, menggigil, nyeri seluruh tubuh serta payudara menjadi kemerahan, tegang, panas dan bengkak.

Beberapa faktor risiko utama timbulnya mastitis diantaranya puting lecet, frekuensi menyusui yang jarang dan pelekatan bayi yang kurang baik.

Melancarkan aliran ASI merupakan hal penting dalam tata laksana mastitis. Selain itu ibu perlu beristirahat, banyak minum, mengkonsumsi nutrisi berimbang dan bila perlu mendapat analgesik dan antibiotik karena Sekitar 3-20% ibu menyusui dapat mengalami mastitis. lalu, Bagaimana cara untuk mengatasinya ?

Cara mengatasi mastitis

Cara mengatasi mastitis sangat penting untuk dilakukan karena dapat mempercepat penyembuhan, jika semakin lama dibiarkan maka bahaya pada tubuh lainnya akan bermunculan.

Lakukan beberapa langkah berikut ini untuk mengatasi mastitis diantaranya :

  • Teruskan pemberian ASI meski payudara mengalami abses atau pembengkakan.
  • Tahan sakit karena Pemberian ASI mempercepat penyembuhan.
  • Kompres payudara dengan air hangat atau kain dibasahi air hangat.
  • Istrirahat dan tidur yang cukup agar tubuh aktif memproduksi sistem imun guna memerangi infeksi mastitis.
  • Minum antibiotik sesuai resep dokter di apotik.
  • Makan makanan yang bergizi tinggi.
  • Minum banyak air putih juga akan membantu menurunkan demam.

Posted By : Agen Pusat QnC jelly gamat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *