Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo

By | April 1, 2017

Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo – Tahukah anda Apa itu Vitiligo ? Apa yang menyebabkan vitiligo ? bagaimana ciri-cirinya ? lalu bagaimana mengatasinya ?

Tidak hanya bercak putih pada kulit saja, masih terdapat ciri lainnya, Kenali lebih jauh apa cirinya, untuk mempermudah bagaimana cara mengatasinya, Lebih Jelas akan Kami bahas.


APA ITU VITILIGO ?

Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo

Vitiligo merupakan suatu penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit. Perubahan warna ini terjadi ketika suatu pigmen yang disebut melanin berhenti berfungsi atau mati. Maka dari itu, tebentuklah bercak-bercak putih pada kulit.

Vitiligo merupakan penyakit jangka panjang, hal ini dapat terjadi pada segala usia, namun sebagian besar orang yang berusia 20 tahun lebih cenderung mengalami hal ini. Meskipun vitiligo dapat menyerang orang dengan berbagai jenis dan warna kulit, gejalanya mungkin akan tampak lebih jelas pada orang dengan kulit hitam.

Ciri-Ciri Vitiligo

Hal yang umum merupakan ciri terjadinya vitiliogo adalah adanya bercak-bercak putih yang terjadi pada bagian tubuh tertentu, Namun Seberapa luasnya vitiligo dapat menyerang kulit seseorang dan seberapa parah hilangnya warna kulit sangat bervariasi, tidak dapat diprediksikan oleh siapapun. Vitiligo dapat menyerang bagian kulit manapun pada tubuh, dan tidak menutup kemungkinan dapat mengenai rambut, bagian dalam mulut, dan bahkan mata.

Penyebab Vitiligo

Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan terjadinya vitiligo, namun menurut teori para dokter dan ilmuan ada beberapa faktor yang memicu terjadinya vitiligo, diantaranya :

  • Faktor Genetik/Keturunan
  • Penyakit Autoimun misalnya : hipertiroidisme, diabetes atau penyakit Addison.
  • Kondisi Lain yang dapat memicu terjadinya vitiligo, seperti terbakar sinar matahari atau tekanan emosi (stress) dan  paparan dari penggunaan bahan-bahan kimia.

Pengobatan

Untuk mengobatinya Tidak memiliki obat khusus untuk penyakit vitiligo, namun terdapat beberapa pilihan perawatan yang tersedia. Dokter akan memberikan perawatan sesuai dengan kondisi anda.

Terapi medis

melakukan perawatan Steroid topikal yang dikombinasikan dengan sinar ultraviolet membuktikan hasil terbaik bila digunakan untuk perawatan vitiligo.

Penggunaan obat oles seperti cream yang diresepkan dokter untuk membantu menghilangkan bercak putih pada kulit, namun pada bagian wajah lebih efektif untuk dihilangkan.

Semua perawatan medis menggunakan bahan dasar kimia memiliki resiko, karena risiko terkena kanker kulit lebih tinggi pada pasien vitiligo disarankan fototerapi hanya dapat digunakan jika perawatan primer tidak efektif. Sebaiknya menggunakan pengobatan yang berbahan alami, lebih pintar untuk memilih pengobatan karena untuk meminim resiko yang terjadi.

Meskipun tidak menular dan tidak berbahaya, adanya vitiligo dapat membuat penderitanya merasa kurang percaya diri dan stres. Pengobatan vitiligo hanya bertujuan untuk memperbaiki penampilan kulit, namun tidak dapat menyembuhkan penyakit.

Komplikasi Vitiligo

Meskipun begitu tetap harus melakukan penanganan untuk mencegah terjadinya komplikasi, Apabila terus dibiarkan tanpa penanganan , vitiligo akan terus berkembang dan terkadang mengakibatkan beberapa komplikasi, di antaranya :

  • Stres sosial atau psikologis
  • Kulit terbakar matahari atau bahkan kanker kulit
  • Masalah pada mata, seperti peradangan pada iris (iritis).
  • Gangguan pendengaran
  • Efek samping pengobatan, misalnya kulit kering atau gatal.

Demikian Informasi yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat.

Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati. Sayangi Diri anda, Rawatlah sebaik mungkin. Terapkan selalu pola hidup sehat dalam keseharian anda.

Salam Sehat Untuk Keluarga.

Posted By : Agen Pusat QnC Jelly Gamat

Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo