Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke

By | Maret 21, 2017

Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke

Infeksi Cacar Air
Bikin Anak Rentan Kena Stroke

Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke

Anak adalah buah hati yang mampu membuat kehidupan para orang tua menjadi lebih berwarna dengan keberadaannya. Lahirnya buah hati memerlukan penantian dan perjuangan luar biasa yang membuat para orangtua senantiasa untuk bersyukur, Lahir dengan keadaan sehat pastinya lebih disyukuri lagi serta mendatangkan kebahagian bagi orang tua.

Anak biasanya rentan terhadap berbagai penyakit karena usia yang di miliki masih dalam masa pertumbuhan, Disina perlunya peran orang tua terhadap pengawasan pada buah hatinya dalam menjaga kesehatan buah hati anda. Dari sekian penyakit yang mampu menyerang anak, cacar air lah yang biasa membuat orang tua panik. Bagaimana tidak, pasalnya penyakit tersebut merupakan penyakit yang bisa jadi berbahaya dan termasuk jenis penyakit menular dengan mudah.

Gejala Cacar Air Pada Anak

Pada umumnya cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Virus ini biasanya menyerang kulit sehingga menimbulkan gatal-gatal dan luka yang berisi cairan.
Cacar air dalam Penularannya bisa terjadi melalui kontak fisik ataupun udara.

Menurut dokter spesialis anak pada rumah sakit umum Dr. Cipto Mangun Kusumo di Jakarta yaitu Hingky, menyatakan bahwa penyakit cacar air ini potensial terjadi pada pergantian musim  dari kemarau menuju musim hujan ataupun sebaliknya. Sebab, musim hujan seperti ini memiliki kelembaban udara yang tinggi sehingga memungkinkan dapat  berkembang biaknya virus.

Pada anak, penyakit cacar air ini juga dapat ditimbulkan oleh gejala yang bermacam-macam, Adapun beberapa gejala yang terjadi pada anak diantaranya :

  1. Munculnya bintik yang disertai dengan cairan,

    Keadaan ini sebisa mungkin harus diwaspadai sebab pada masa itu merupakan masa yang paling menular dalam penyakit cacar air khususnya pada anak.

  2. Demam yang tidak terlalu tinngi

    Biasanya keadaan ini sering diabaikan oleh sebagian orang tua karena kerap menganggap demam yang tidak terlalu tinggi merupakan gejala flu biasa. Padahal, demam tersebut bisa jadi merupakan gejala awal cacar air pada anak.

  3. Munculnya bercak merah yang timbul berisi air.

    Pada umumnya Gejala cacar air adalah munculnya bercak merah dan berisi air jernih. Air jernih ini kemudian akan mengalami perubahan menjadi keruh dalam waktu 24 jam. Dan biasanya, bercak ini dimulai dari daerah belakang kepala sampai menjalar ke seluruh bagian tubuh anak.

  4. Gejala tambahan yang dialami oleh penderita cacar air yaitu : Hilangnya nafsu makan, sakit kepala, flu ringan hingga tubuh terasa lemas.

Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa Anak yang terkena cacar air diketahui memiliki risiko lebih tinggi terkena stroke dalam waktu yang berdekatan dengan infeksi yang dideritanya, Hasil penelitian ini didapatkan  setelah menganalisis informasi dari 49 anak selama 6,5 tahun yang mengalami penyakit cacar air dan stroke dalam waktu berdekatan selama penelitian, seperti dilansir oleh Live Science (29/10).

Meski begitu, stroke pada anak termasuk hal yang langka. hanya sekitar enam dari 100.000 anak di bawah 15 tahun yang mengalami stroke setiap tahunnya. Hal ini berarti risiko yang dimiliki anak untuk terkena stroke setelah terinfeksi cacar air cukup kecil.

Adanya penelitian ini membuat ilmuwan mencari tahu hubungan antara cacar air dengan stroke.
Pada tahun 2001 Sebuah penelitian  menunjukkan bahwa 31% anak yang mengalami stroke pernah terkena cacar air tahun sebelumnya, dibandingkan dengan 9% anak yang terkena infeksi cacar air bertahun-tahun sebelumnya.

Selanjutnya penelitian lebih banyak dilakukan untuk menentukan kaitan antara infeksi cacar air dengan risiko stroke pada anak. Kemungkinan besar adanya virus cacar air bisa merusak arteri sehingga meningkatkan risiko arteri yang tersumbat dan pada anak akhirnya memicu stroke.

Anak yang mengalami cacar air memiliki risiko empat kali lipat terkena stroke dalam jangka waktu enam bulan setelah infeksi.

Orang tua sebaiknya selalu waspada dan berusaha melakukan pencegah agar anak tidak terkena cacar air. Salah satu caranya adalah melalui vaksinasi. Dengan begitu, hal ini dapat mencegah dan menurunkan risiko stroke pada anak.

Demikian informasi Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke ini semoga bermanfaat ! Salam Sehat untuk keluarga, tetap lakukan penenganan yang tepat dan Atasi secepatnya  untuk menghindari terjadinya hal yang lebih buruk lagi.

Posted by : Agen QnC Jelly Gamat
Baca juga :
6 Cara Menghilangkan Bekas LukaYang Membandel
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Di Punggung Dengan Cepat
Cara Menghilangkan Bekas Cacar Yang Menghitam

Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Stroke Infeksi Cacar Air Bikin Anak Rentan Kena Strok